Jumat, 17 Oktober 2014

Sangkar Kosan



Buat para pecinta burung pemula pasti masih bingung sangkar kosan itu seperti apa ya..????.... karena dulu saya juga begitu, ternyata model sangkar burung itu bermacam-macam. Saya sempat membuat sangkar burung sama temen saya, waktu itu hanya sempet membuat 2 model aja, yaitu sangkar minimalis dan sangkar kosan. Selama kurang lebih 4 bulan saya bekerja sama, tapi akhirnya saya stop karena saya ada kesibukan sendiri.

Nah bagaimana sih bentuk sangkar kosan itu...?. Sebenarnya sangkar minimalis atau sangkar kotak itu hampir sama dengan sangkar kosan, bagian bawahnya sama hanya bagian atasnya yang membedakan. Pada sangkar kosan bagian atas pada kedua sisinya dibuat lebih melengkung, sehingga bagian atas dan mahkota rujinya akan terlihat lebih melengkung, sedangkan sangkar minimalis rujinya lebih lurus.

sangkar kosan ukir
Jika dilihat dari segi bahannya, sangkar kosan menggunakan bahan yang lebih lebar, karena untuk membuat sisi yang melengkung dibutuhkan bahan yang agak lebar biasanya antara 10cm-15 cm, begitu pula dengan mahkotanya.

Untuk harganya pun relatif biasanya tergantung dari hal-hal berikut ini :

  1. Bahan yang digunakan
Semakin berkualitas bahannya tentu harganya akan semakin tinggi. Sebagai contoh bahan yang berkualitas adalah kayu jati. Seperti kita ketahui kayu jati adalah kayu yang kuat dan tahan lama.

  1. Ukuran
Tentunya ukuran juga menentukan harga, karena semakin besar ukuran harganya pasti akan berbeda pula. Ukuran dalam sangkar burung sangat bermacam-macam, biasanya disesuaikan dengan ukuran burung. Contoh untuk sangkar kenari bisa menggunakan ukuran panjang 40cm , lebar 40cm dan tinggi 85cm ( menyesuaikan ) atau 95cm

  1. Finishing
Hasil akhir dalam pembuatan sangkar burung juga menentukan, karena dalam dunia sangkar burung para pecinta burung memiliki istilah “mateng” atau “mentah”. Mateng atau dalam bahasa indonesia berarti masak berarti sangkar tersebut sudah di cat atau di politur. Sedangkan mentah artinya belum di cat atau belum di politur. Sekarang ini untuk finishingnya semakin berkembang, selain cat dan politur ada juga istilah airbrush.

  1. Motif
Nah yang keempat ini agak jarang, karena bahan yang digunakan tadi masih ada sebelum dirangkai masih ada proses yaitu di motif, baik itu digambar, di cukit atau di ukir. Point yang keempat ini akan mendongkrak harga jual, karena sangkar akan lebih keliatan unik dan sangat memiliki seni dan waktu pengerjaan menjadi lebih lama.

Sekian artikel saya tentang sangkar kosan semoga bermanfaat.


Terima Kasih

Admin : sangkar-ukir.blogspot.com

Tidak ada komentar: