Sabtu, 11 Oktober 2014

Sangkar Ukir



Ini berawal dari ketika saya iseng iseng mencari informasi di mbah goole tentang sangkar ukir. Ternyata pencarinya lumayan banyak juga. Memang sangkar ukir memiliki nilai seni tersendiri jika di bandingkan dengan sangkar burung harian. Sangkar burung harian pada umumnya menggunakan motif polos atau bisa juga menggunakan corak tersendiri dengan cara melubangi papan papan sangkar dengan menggunakan mesin gergaji. Sedangkan sangkar ukir selalu terdapat motif yang unik yang dikerjakan dengan cara di ukir atau di pahat seperti motif naga, leak, dewa, wayang, dan masih banyak lagi dan tak terbatas untuk motifnya.

Setelah di ukir dan di rangkai per bagian
Saya juga pernah belajar membuat sangkar burung, tetapi sangkar burung biasa atau harian. Pertama saya berpikir membuat sangkar burung bisa di kerjakan dengan waktu yang singkat akan tetapi prediksi saya salah. Untuk satu buah sangkar harian halus diselesaikan antara 2-3 hari sekaligus finishingnya.Apalagi dengan sangkar ukir.... pastinya lebih lama, lebih rumit dan pastinnya lagi harus lebih hati-hati. Untuk satu sangkar ukir bisa diselesaikan paling cepat antara 1 minggu sampai 1 bulan tergantung motif yang di ukir, dan kayunya pun biasanya menggunakan kayu pilihan seperti kayu jati maka dari itu tidak salah kalau harga sangkar ukir jauh lebih mahal dari pada sangkar biasa atau sangkar harian. Sangkar ukir biasanya hanya digunakan untuk lomba, karena seni dari sangkar burung yang dipertandingkan mempunyai nilai tersendiri. Selain itu bahan yang digunakan biasanya menggunakan kayu pilihan dimana jika di ukir memberikan hasil yang baik seperti kayu jati. Selain bahan kualitas ukiran juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Bahan, kualitas ukiran,kerumitan ukiran ,waktu pembuatan, dan finishing akan sangat mempengaruhi harga jual.

Setelah dirangkai semuanya
Karena penasaran dan bosan hanya melihat lihat gambar sangkar ukir akhirnya saya ingin mewujudkan satu buah sangkar ukir dengan menggunakan motif naga. Ternyata dalam pengerjaannya tak semudah yang di bayangkan, karena ini adalah kali pertama saya dan teman saya membuatnya. Tapi  Alhamdulillah walaupun banyak masalah yang  ada akhirnya sangkar ukir pertama saya jadi, walaupun tidak 100% sempurna seperti yang saya harapkan, karena saya ada beberapa bagian yang masih kurang.






Berikut hasilnya sangkar ukir pertama saya hasilkan dengan team pembuat sangkar burung saya :

Bahan      :  Kayu Jati
Ukuran    :  P 43cm x L 43cm x T 95cm
Tehnik     :  Ukir / Pahat
Finishing  :  Sepet ( plitur semprot )

Finishing
Semoga setelah ini saya bisa menghasilkan kembali dan memberikan informasi lain tentang sangkar ukir. Aminnn...


Terima Kasih

admin : sangkar-ukir.blogspot.com

Tidak ada komentar: