Rabu, 15 Oktober 2014

Sangkar Ukir Solo



Saya penasaran ketika mendengar kata sangkar ukir solo.....ingin melihat bagaimana sih motif atau coraknya tapi rasanya agak aneh jika saya harus ke solo hanya untuk sangkar. Karena jarak yang lumayan jauh dari rumah solo atau sekitar 3-4 jam perjalanan dari padangan ke solo. Di solo memang terkenal dengan banyaknya penjual yang menjual aksesoris untuk membuat sangkar burung. Tapi saya tak habis akal, sebenarnya saya sangat ingin tahu sendiri gimana sih sangkar ukir solo, akhirnya saya coba lihat di internet saja,....biasa saya tanya saja sama mbah google.

Setelah paketan internet diisi, laptop di nyalakan dan modem dipasang saya siap-siap mencari info tentang sangkar ukir solo dan langsung saya cari melalui google image dan.....jrengggg munculah ribuah gambar sangkar. Tapi ada sedikit masalah karena ketika saya melihat-lihat ternyata ada gambar sangkar yang muncul sama dengan ketika saya mengetikkan kata kunci sangkar ukir kenari. Jadi saya beranggapan bahwa belum tentu gambar yang muncul itu bener-bener sangkar ukir solo. Tapi apa boleh buat saya tetap mengambil gambar untuk melengkapi artikel saya.

Tetapi yang pasti seni ukir memiliki seni yang unik, ketika seseorang ahli dalam hal mengukir saya pikir dia pasti bisa mengukir suatu motif dari daerah tertentu. Contoh orang Jepara ada pesanan ukiran dengan motif solo misalnya, yang penting ada pola atau motif saya pikir orang jepara itu pasti bisa membuatnya. Jadi penasaran nih bagaimana sih motif unik dari daerah solo itu....??? Berikut beberapa gambar atau foto yang saya peroleh dari google dengan kata kunci sangkar ukir solo:

 




















 




















Gimana temen-temen gambarnya.....mantapkan.... semoga bisa buat koleksi gambar lagi buat temen-temen buat bisa jadi referensi jika pengen membuat atau memesan angkar ukir. Tapi perlu di ingat model sangkar ukir seperti diatas temen-temen harus merogoh kocek yang agak dalam dan saya pikir harganya mungkin diatas 2 juta....sekian dulu artikel nya.

Terima kasih

admin : sangkar-ukir.blogspot.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya berminat tlg berikan nmr yg bisa dihubungi