Senin, 17 November 2014

Kerajinan Jati



Kerajinan jati mungkin adalah istilah yang tak asing lagi bagi para pecinta seni. Trus apakah kerajina jati itu ?? Kerajinan jati adalah sebuah karya seni yang dihasilkan dari kayu jati yang di bentuk dengan bermacam-macam seni dan model. Sedangkan jenisnya bisa bermacam-macam. Kenapa harus kayu jati ?? semua orang juga sudah tau kalau kayu jati adalah kayu yang kuat dan tahan lama serta mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dengan ukuran tertentu, ditambah jika dihias atau di pahat atau di jadikan bentuk lain yang memiliki model dan bentuk yang unik akan semakin melambungkan nilai jualnya. Kayu jati lebih sering digunakan untuk membuat furniture seperti lemari dan pintu. Salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan jati misalnya Jepara dengan ukiran reliefnya dan Cepu yang terkenal dengan produk kerajinan jatinya berupa souvenir yang di hasilkan dari limbah pemotongan kayu jati.

Cara pembuatanya pun bermacam-macam, diantaranya adalah dengan di ukir atau di pahat, kemudian bisa juga dicukit atau dengan cara digabung-gabungkan sehingga mempunyai bentuk yang unik. Untuk alat-alatnyapun sangat bervariasi tergantung bagaimana kayu jati itu akan diolah.

Berbicara mengenai kerajinan jati tentu tidak jauh dengan istilah bisnis. Bagaimana dengan prospek bisnis kerajinan jati ?? Kalau pendapat saya pribadi, bisnis kerajinan jati ini mempunyai prospek yang cukup bagus. Hal ini bisa dilihat dari bahan baku yang cukup mudah didapatkan untuk daerah tertentu misalkan Cepu, Blora , Ngawi dan sekitarnya dan masih banyak lagi daerah lainnya. Satu yang paling penting adalah pemasarannya. Harga jualnya bisa bervariasi dari harga Rp 5.000,- seperti gantungan kunci bahkan sampe tembus harga Miliyaran rupiah seperti ukiran relief.

Berikut saya berikan contoh produk dari kerajinan jati yang unik dan menarik :

1.  Tempat Air Minum


Dengan polesan tangan-tangan seni terciptalah bentuk yang unik yaitu tempat air minum dengan model pohon dan kupu-kupu, yang biasa di tempatkan di ruang tamu bisa di isi 12 air mineral. Kerajinan ini biasanya di jadikan oleh-oleh atau souvenir jika sedang berkunjung didaerah tertentu seperti cepu.

2.  Wayang Krucil


Gambar diatas adalah kerajinan jati dengan bentuk wayang. Namanya adalah wayang krucil namun untuk membuatnya di butuhkan keahlian dan pengalaman  karena cukup rumit. Sekarang pembuatnnya pun mungkin bisa di hitung dengan jari.

3.   Lukisan Pahat / Ukir


Kalau gambar di bawah ini sangat unik dan memiliki nilai seni yang tinggi dan jika dilihat dengan sekilas seperti gambar lukisan kanvas. Padahal sebenarnya adalah hasil dari kerajinan jati dengan cara di pahat atau di ukir kemudian di warna dengan cat air. Percaya atau tidak ???

4. Sangkar Burung Ukir


Sangkar burung ukir atau lebih sering disebut sangkar ukir atau sangkar lomba biasanya dibuat dengan kayu jati. Sangkar ukir ini biasa digunakan untuk lomba kicau burung dan sangkar ini biasanya masuk dalam penilaian lomba burung. Karena harganya yang cukup mahal makanya sangkar ini biasanya hanya digunakan ketika lomba. Untuk sangkar harian biasanya hanya menggunakan model biasa atau polosan.

Demikian empat contoh dari hasil kerajinan jati, sebenarnya masih banyak sekali dan lain waktu mungkin bisa kita tulis di artikel lainnya.

Terima kasih
Admin : sangkar-ukir.blogspot.com

Tidak ada komentar: